MY BLOGs
tokoDea onLine
4 Sehat 5 Sempurna
good article
toko aromaterapi

CREDITS
blogger
blogskins
Design by: crystyx
Edited by: d34


BisnisBA



WRM Indonesia




Sepenggal cerita minggu siang

Pulang dari pasar Bunda mampir ke rumah YangTi di depan rumah, sambil nganterin sambel goreng teri medan. Kebetulan pas lagi asyik ngobrol masalah asisten yang pulang itu, dateng dech... anaknya Tang Ti yang tinggalnya di depan rumah. Ngobrol ngalor ngidul, akhirnya sampe pada topik rumah tangga.

Si Tante ini, sejak lama mempertanyakan keputusan gw untuk jadi FTM. Menurut beliau, sebagai individu sudah seharusnya gw memberikan kesempatan pada diri gw untuk berkembang, berkarya, dan menikmati hidup. *membuat gw berpikir, apa iya gw kayak katak dalam tempurung yang tidak menikmati hidup? tau dech!!!*

Udah mau dua bulan, Yang Ti jadi invalid, ups... maksudnya kakinya patah karena jatuh dari tangga. Sewaktu sehat, yang gw liat ya... Yang Ti ini memberika hidupnya untuk suami dan anak-cucu-nya. Kebayang donk, beliau udah nyaris 73tahun.

Balik ke tujuan gw nulis tadi ya...
Si Tante ini bilang, "Suami istri itu sebenarnya kewajibannya banyak. Mencari nafkah, mengurus keluarga, mendidik anak, dan lain sebagainya. Nah, suami itu mejalankan yang nomor satu aja. Sementara nomor dua dan selanjutnya itu dilimpahkan ke istri. Kalau ada yang gak beres sama anak atau kondisi rumah, istri dech yang disalah. Kan itu gak adil..."

"Contoh-nya Yang Ti ya... waktu sehat membaktikan dirinya untuk orang lain dalam tanda kutip ya... Sampe keliatannya gak ada waktu untuk diri sendiri. Tapi sekarang coba, ketika Yang Ti sakit... orang lain itu gimana? Perhatian gak?"

Si Tante berhenti di sini, trus Yang Ti nyambung.
"Walaupun awalnya kita melakukan semuanya tujuannya ibadah... Tapi sebagai manusia normal, kok menghadapi kondisi ini hati YangTi gelo (spell-nya bener gak seh???) juga ya..."

Ini cuma sepenggal percakapan sepanjang 1jam ya...
Tapi membuat gw cukup merenung. Kira-kira kalo gw yang berada pada kondisi seperti mereka gimana ya?

Si Tante ini, kehidupan pernikahannya menurut gw cukup bahagia. Bahasa tubuh om-tante ini bilang bahwa mereka menikmati hidup mereka. Cuma si Tante ini orangnya emang 'provokator' banget... Provokator positif ya... Sebagai seorang istri, buat gw Tante ini hebat banget... Dosen di beberapa universitas negri ataupun swasta di jakarta, dsk. Sebagai seorang ibu/istri dengan kegiatannya yang bejibun, masih bisa masak untuk keluarga... bukan sekedar masak biasa ya... Anaknya yang paling gede SMU kelas 1, sejak mulai sekolah gak pernah yang namanya jajan, selalu makan makanan dari rumah. Suaminya juga githu, kalo ngantor, selalu bawa ompreng, padahal suaminya ini direktur keuangan salah satu multinational company. Belum lagi, si Tante kadang terima pesenan makanan dari temennya, gak cuma itu kadang terima pesenan rajutan juga... Trus di umurnya yang masuk kepala 4, si Tante ini masih diet ketaaaat.

Kadang kalo neg-bayangin hidupnya si Tante ini, gw suka geleng-geleng kepala sendiri... Sebenernya yang gak menikmati hidup siapa ya? Gw ato dia?

Dibandingin beliau...
Gw cuma... ah, mau nulisnya aja bingung. FTM dengan 2batita imut, untuk makan aja, kadang masak, kadang beli, kadang dapet sumbangan dari si Tante ato Yang Ti (hehehe...) Suami gw, walaupun tidak menuntut ini itu, senang kalo bisa bawa ompreng dari rumah untuk lunch. Ini kadang-kadang aja gw kabulin... Dari luar gw emang keliatannya gak gaul, tapi walopun cuma di dunia maya, gw cukup hahahihi sana sini...

Kalo Yang Ti
Tokoh yang satu ini gw kaguuum banget. Dengan segudang pengalaman hidup yang bikin beliau cukup tenang dan bisa bersikap bijaksana menghadapi orang yang penuh warna (gw pinjem istilah beliau).
Buat gw, beliau selama ini nyaris gak pernah mengeluh... Tapi sejak beliau kecelakaan, walopun gak dengan keluh kesah yang gimana, beliau cukup sering bercerita sedih. Dan ini sepenuhnya gw pahami, karena gw ssependapat dengan omongan si Tante yang sepenggal di atas tadi.

Dibandingin beliau...
Gw gak ada apa-apanya... Dari beliau gw belajar untuk tidak melarang anak, tapi mengalihkan perhatian anak. Menurut beliau, anak itu kelebihan energi, jadi harus kita salurkan. Dari beliau juga gw belajar untuk tidak marahin anak dengan fisik. Gini katanya, "Kalo gara-gara ngobok-ngobok susu, tangan Kia, kamu sentil... Nanti kalo kesalahannya lebih besar lagi, mau kamu apain dia?"

Wah, banyak dech wisdom of life yang bisa gw ambil dari beliau... yang bikin gw betah ngobrol berjam-jam ama Eyang yang satu ini. Andaikan ada begitu banyak orang yang bisa menebar begitu banyak kasih sayang tulus seperti Yang Ti, wah... banyak banget ibu muda yang bahagia seperti gw. hehehe...


posted by DeA Haryono @ 3:34 PM  

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

ME
wife of haryo
mom of akia and aric
live in jakarta, indo
nidhea at gmail dot com
ym:dhea_sjofjan

Friends 'n Relatives
Dewi ...my sista'
Nadine-Yuli
Yuli ...batam
Nayma-Lif
Lif ...clg
Evie ..bdg
Emra-Liza ...batam
Cun-Dun-Nendha
Gendhis-Ary
Anaya-Nonon
Kayla-Nonon
Nonon
Dita
Dini Shanti
Nadia
Zidan-Syifa-Inong(alm)
Aras-Ienk
Ienk ...crb
Santi ...bdg
Selo
Stania